News Update :
Home » » Peringatan Hari Guru & HUT PGRI Dairi

Peringatan Hari Guru & HUT PGRI Dairi

Written By Infokom Golkar Dairi on Selasa, 29 November 2011 | 03.38


Peringatan Hari Guru & HUT PGRI Dairi

Bupati Dairi Irup di SMP N 1 Sidikalang

Sidikalang, (SURA) : Peringatan Hari Guru & HUT PGRI Dairipenghasilan guru, yang berjumlah sekitar 3500 orang, apakah namanya insentif guru, dan lainnya, lebih kurang Seratus Ribu Rupiah per orang, termasuk guru swasta, menurut kemampuan APBD kita”, kata Bupati, yang disambut pekikan “Hidup Guru” secara spontan dari kalangan guru di SMP N 1 Sidikalang, ketika mendengarkan amanat itu.

Untuk itu harap Bupati, guru jangan melihat dari jumlahnya. Bupati juga mengapresiasi upaya yang dilakukan para guru di Kabupaten Dairi, memberhasilkan salah satu sektor prioritas pembangunan yakni sektor Pendidikan, yang diyakini tidak terlepas dari peranan guru.

“Tidak ada siswa yang bodoh bagi seorang guru yang pintar”, tambahnya.

Menyinggung pelaksanaan perayaan hari Guru di tingkat kabupaten yang tahun ini peraya-annya dilaksanakan di sekolah-sekolah dengan melibatkan unsur Muspida dan pimpinan SKPD sebagai Irup khususnya di kota Sidikalang, hal itu ditempuh sebagai sebuah kebijakan, karena dana perayaan hari guru tahun ini tidak dianggarkan di APBD.

Oleh karena tidak ada dana dari APBD tahun 2010 peruntukan itu, maka hari guru tidak bisa dilaksanakan. Hal itu menurut Bupati, akibat kelalaian antara pihak pengurus PGRI yang tidak mengajukan dana untuk acara perayaan hari guru dimaksud pada tahun ini. Sementara tahun 2010 lalu, ada dianggarkan pada ABPD, namun sayang dana itu tidak dipergunakan.

“Semua terlena, termasuk PGRI Dairi yang tidak mengajukan anggaran perayaan hari guru, untuk tahun ini. Sementara dana yang ditampung tahun 2010 tidak dipergunakan”, katanya.

Oleh karena itu, Bupati berharap untuk tahun-tahun mendatang, PGRI Dairi harus tampil dan mampu mengajukan anggaran perayaan hari guru yang dinilai sebagai satu moment penting dalam menyemarakkan hari guru dan HUT PGRI dengan meriah.

Sebelumnya, dalam sambutan Mendikbud, yang dibacakan Bupati mengatakan, Hari Guru dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke 66 tahun 2011, diperingati sebagai salah satu wujud bahwa profesi guru sebenarnya menempatkan guru itu pada tanggung jawab yang sangat berat, namun mulia, karena kemampuan dan kesempatan itu tidak dimiliki yang lain.

“Pada dirinya (guru-red) tertumpu beban tanggung jawab menyiapkan masa depan yang lebih baik, yaitu dengan fungsi sebagai jembatan bagi para peserta didik untuk melintas menuju masa depan mereka”, katanya.

Menteri juga mengatakan, profesionalitas guru akan terasa hasilnya pada masa depan, yang apabila salah arah, akan mustahil diputar kembali untuk memperbaikinya, karena pendidikan adalah proses yang tidak bisa dibalik.

“Dalam mempersiapkan masa depan, guru tidak cukup hanya mengajarkan apa yang diketahuinya karena hal itu bisa menjadi tidak relevan lagi pada masa ketika peserta didik menjalani kehidupan mereka sendiri”, tegasnya.

Peringatan hari Guru dan HUT PGRI ke 66, di SMPN 1 Sidikalang, diawali dengan upacra penaikan bendera yang melibatkan guru dalam pelaksanaanya. Acara yang dikemas dengan urutan acara dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris oleh pembawa acara Kristina Butar-butar, pemimpin upacara Huanton Angkat, serta pengucap Ikrar dan kode etik guru, dan pembaca teks UUD’1945 juga seluruhnya dari kalangan guru. (LG/DS)

Selanjutnya, usai upacara dilangsungkan pemberian setangkai bunga dari siswa kepada seluruh guru di SMP N 1 Sidikalang, sebagai ungkapan selamat kepada para pahlawan tanpa tanda jasa itu.

Hadir dalam peringatan hari Guru di SMP N 1 Sidikalang, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Kab. Dairi, Drs. Mangaranap Manik, Camat Sidikalang Junidhi Siregar, Kabag Humas Setdakab Dairi Erika Hasugian, Sekcam Sidikalang Irwansyah Panjaitan, Kepala UPT Bina Dikdas Kec. Sidikalang, Malau, para Kepala Sekolah SD se kota Sidikalang, Pengawas dari Disdik Dairi, serta para guru SMP N 1 Sidikalang dengan mengenakan seragam PGRI.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. SUARA RAKYAT . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme