News Update :
Home » » Kodim 0206/Dairi Akan Menggelar TMMD

Kodim 0206/Dairi Akan Menggelar TMMD

Written By Infokom Golkar Dairi on Sabtu, 11 Februari 2012 | 17.09

Kegiatan TMMD Akan Digelar, Pemkab 
dan Kodim 0206/Dairi Lakukan Survey 

Liputan : Mansai Marbun LG/Santo Berutu


Gunung Sitember, (SURA) : Bagi Anda yang sudah terlahir di dekade 1980-an, pastilah akrab dengan istilah ABRI Masuk Desa (AMD). Ini program di mana anggota TNI disebut ABRI ketika itu bersama warga masyarakat bekerja sama memperbaiki jalan atau membangun jembatan. Namun setelah Soeharto jatuh dan Dwifungsi ABRI dihujat-hujat, AMD kini muncul kembali dengan wajah baru yakni, TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD).
 
“Hidupnya” kembali fungsi teritorial militer ini menarik perhatian publik setelah berlangsung rapat koordinasi penanggulangan terorisme antara Kepolisian RI bersama TNI dan Kejaksaan di Jakarta, Senin 25 Juli 2011 yang lalu. Informasi yang dihimpun SURA dari berbagai sumber diketahui, bahwa program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan program lintas sektoral yang direncanakan melalui system bottom up planning dalam upaya memotivasi tekad dan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya.
 
Tujuan utama kegiatan ini adalah memberdayakan masyarakat desa untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan nasional, membantu akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Seiring itu, kegiatan TMMD di wilayah Kab. Dairi yang direncanakan akan digelar pada bulan Mei mendatang, akan diadakan di Desa Lae Lebah, Kec. Gunung Sitember. Maka untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan TMMD itu, tim survey yang terdiri dari personil Kodim 0206/Dairi dipimpin Kasdim Mayor Kav. Arwan Sembiring, dari Pemkab. Dairi terdiri  dari Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Kehutanan, Camat Gunung Sitember R. Pusuh Boru Karo. Sementara, Kepala Desa Lau Lebah, Tetap Karo-karo mendampingi tim survey saat berkunjun ke Desa Lau Lebah yang masih terisolir itu, Rabu 25 Januari 2012.
 
Pantauan SURA dari lokasi saat turut mendampingi tim survey itu, Kasdim 0206/Dairi Mayor Kav. Arwan dan sejumlah personil TNI menggunakan kendaraan gardan dua (Hartop) yang sengaja dirental untuk menyusuri jalan menuju Desa Lau Lebah bersama 2 unit mobil gardan dua lainnya yakni, mobil dinas PU Bina Marga dan SDA dan mobil operasional Redaksi SURA.
 
Sebagaimana diketahui, hingga saat ini medan jalan yang harus dilalui menuju Desa Lau Lebah masih sulit dilintasi kecuali kendaraan gardan dua. Hal ini dikarenakan kondisi jalan belum beraspal dan sebagian sangat terjal dan berlumpur. Menurut perbincangan Kepala Desa Lae Lebah dengan tim survey ketika itu, diketahui bahwa semula direncanakan fisik bangunan yang akan dilakukan pada kegiatan TMMD di Desa Lau Lebah antara lain, pembuatan gorong-gorong, parit semen (Drainase), pendirian Poskamling, pembenahan rumah ibadah sekaligus menyalurkan air ke Mesjid dan Gereja (pipaninasi), serta perbaikan jalan.
 
Namun dikarenakan sebahagian besar kondisi jalan sangat terjal, maka menurut tim teknis dari Dinas PU Bina Marga dan SDA Kab. Dairi, berpendapat  diprioritas pada kegiatan TMMD mendatang adalah melandaikan sejumlah badan jalan. Bahkan sebagian harus dialihkan dari badan jalan semula agar pemba-ngunan itu nantinya tidak sia-sia.
 

Menanggapi kendala ini, Kepala Desa Lau Lebah belum bisa menjamin apakah masyarakat rela memberikan sebahagian tanahnya untuk kepentingan umum yakni sarana jalan. Bahkan menurutnya dana yang telah disediakan Pemkab. Dairi untuk berbagai pembangunan seperti di atas tidan akan cukup karena akan tersedot untuk  kegiatan yang difokuskan untuk melandaikan jalan atau pembukaan jalan baru. Namun dikarenakan hal itu menjadi langkah terbaik menurut tim teknis, Kepala Desa Lau Lebah berjanji akan menemui sejumlah masyarakat pemilik lahan agar merelakan sebagian tanahnya untuk dijadikan jalan umum.
 
Sementara, Kasdim dan unsur Muspika Gunung Sitember siap memdampingi Kepala Desa bila mana dibutuhkan saat dilakukan pertemuan dengan masyarakat pemilik lahan. Bahkan disarankan, agar pertemuan dengan pemilik lahan di lakukan di kantor Camat Gunung Sitember.
 
Inilah peran serta TNI dalam hal ini Kodim 0206/Dairi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi, dalam membangun desa sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya. Maka itu, progam TMMD yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan desa yang ada di wilayah Dairi merupakan bentuk kerjasama dan diharapkan berbagai pihak hingga masyarakat desa itu sendiri harus ikut ambil bagian dalam program TMMD ini.
 
Kasdim 0206/Dairi Mayor Kav. Arwan mengharapkan, kiranya masyarakat mendukung dan berkenan bekerjasama dalam menyukseskan program pembangunan termasuk kegiatan TMMD. Sebab menurutnya hal ini merupakan point yang sangat penting, karena masyarakat adalah fasilitator untuk menjalankan program ini, harapnya.
 
Selain itu, untuk lebih dipahami, bahwa hasil dari pembangunan itu sepenuhnya untuk rakyat dan diharapkan akan berdampak  bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di desa-desa tertinggal. Kegiatan TMMD akan melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik. Pada kegiatan non fisik tidak bisa dilihat, akan tetapi dapat dirasakan manfaatnya seperti membangun mental karakter, membimbing kerukunan antar umat beragama, gaya hidup bermasyarakat, menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang menjadi harga mati.     
 
Tampak Kasdim 0206/Dairi Mayor Kav. Arwan didampingi sejumlah personil TNI lainnya, bersemangat saat melakukan survey itu bak ke medan tempur memberantas penderitaan rakyat. (Saksikan cuplikan videonya di sini http://www.youtube.com/watch?v=2or2_JIlaZA

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. SUARA RAKYAT . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme