News Update :
Home » » Pelanggan PLN Mengeluh

Pelanggan PLN Mengeluh

Written By Infokom Golkar Dairi on Senin, 12 Maret 2012 | 08.04



Liputan : Tim SKU Suara Rakyat

Sidikalang, (SURA) : Sudah jatuh, lagi ditimpa tangga. Peribahasa inilah yang dialami sejumlah masyarakat Dairi yang mengeluhkan pelayanan PLN Sidikalang. Hal ini diungkapkan masyarakat dari 3 (tiga) kecamatan yang ada di Kab. Dairi kepada tim SURA yang menelusuri berbagai masalah terkait pelayanan PLN Sidikalang kepada pelanggannya.
Mulai dari masalah tagihan listrik yang diduga berlaku “se-suka gue”, hingga memberatkan konsumen pengguna arus listrik dan sering padam tanpa ada pemberitahuan resmi dari pihak PLN khususnya di desa-desa bahkan kadang di pusat kota Sidikalang.
Yang paling fatal akhir-akhir keluhan masyarakat, adanya pemasangan baru arus listrik di sejumlah desa yang menuding pihak PLN Sidikalang justru mempermainkan masyarakat. Sejumlah uang sudah dibayarkan kepada pihak yang menangani pemasangan baru arus listrik dengan jumlah yang lumayan besar, namun bertahun-tahun ditunggu, meteran listrik yang dijanjikan tak kunjung dipasang. 
Seperti yang dikeluh masyarakat Desa Gundaling, Kec. Gunung Sitember khususnya yang tinggal di Dusun Bersama,  kepada SURA mengungkapkan, 11 KK di dusun itu telah tersambung arus listrik beberapa tahun silam.
Warga yang mengaku marga Naibaho itu mengisahkan,  pembayaran sebesar Rp. 2 Juta per KK termasuk biaya sambungan dan meteran telah dilunaskan. Namun saat petugas melakukan penyambungan arus, meteran yang didatangkan hanya ada 3 (tiga) unit. Dan hingga sekarang ini, dari 11 KK dibagi dari 3 meteran listrik yang mengakibatkan keterbatasan arus listrik untuk digunakan, katanya.
“Kadang untuk menghidupkan TV sebagai sarana hiburan kami di dusun ini terkedala sebab arus listrik tidak mampu oleh batasan meteran yang berukuran 900 W ke beberapa rumah”, beber Naibaho di Dusun Bersama, Desa Gundaling belum lama ini seraya berharap agar pihak PLN berkenan meninjau keluhan mereka.
Sementara itu, masyarakat di Desa Linggaraja I, khususnya warga Dusun Lae Sikurang I dan Lae Sikurang II, juga mengeluhkan pelayanan PLN terkait meteran listrik.
Informasi yang dihimpun SURA dari sejumlah warga setempat belum lama ini, mengungkapkan, sebanyak 23 KK dari dua dusun telah dilakukan penyambungan baru arus listrik. Sebagian warga telah membayar sebesar Rp.3.800.000 per KK dan bahkan keseluruhan sudah lunas. Namun sayangnya, pihak yang memasang instalasi listrik ke dua dusun ini, hanya dipasang 1 (satu) meteran 5000 W. Dari meteran ini dibagi pada 23 KK pengguna arus listrik.
Pembayaran rekening listrik per bulannya kepada PLN, menurut warga dengan sistem dibagi bersama (23 KK) dari beban yang ditagihkan. Hal ini mengakibatkan ketimpangan soal pengguna arus listrik mengingat tingkat ekonomi warga yang tidak sama.
Sedangkan di Kec. Parbuluan, Kamis 8 Maret 2012, pihak PLN melakukan pemutusan arus listrik kepada 11 KK pelanggan baru pengguna arus listrik  tepatnya ke Dusun Tombak Simbolon. Pemutusan itu dilakukan setelah mereka nikmati 3 (tiga) hari penerangan lampu listrik (menyala).
Penyambungan baru ke Dusun Tombak Simbolon juga sama dengan beberapa daerah lainnya yakni memainkan meteran listrik. Sebelumnya disepakati oleh pihak petugas instalasi akan menyanggupi per KK dilengkapi dengan meteran listrik. Sebagian telah melakukan pembayaran lunas dengan besaran biaya Rp. 3 Juta per KK.
Diketahui, sebanyak 5 KK telah melakukan pembayaran lunas dan sebagian masih mencicil. Dari 11 KK yang dilakukan sambungan baru, meteran arus listrik yang disanggupi pihak petugas instalasi listrik hanya 3 unit yang dipasang hingga saat ini. Saat PLN Sidikalang melakukan pemutusan arus, kabel (foto hal 01) disita PLN Sidikalang dan diamankan.
Kepala PLN Sidikalang saat ditemui Tim SURA ke kantor PLN Sidikalang, Senin 12 Maret 2012 tidak berhasil untuk memberikan tanggapan seputar masalah pelayanan PLN Sidikalang yang dikeluhkan sejumlah warga Dairi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. SUARA RAKYAT . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme