News Update :
Home » » Konjen Jepang Kunjungi Dairi

Konjen Jepang Kunjungi Dairi

Written By Infokom Golkar Dairi on Sabtu, 12 November 2011 | 16.49

Inginkan Kerjasama Person to Person

Konjen Jepang Kunjungi Dairi

Sidikalang, (SURA) : Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro menyambut kehadiran konsulat jenderal (Konjen) Jepang Mr. Yuji Hamada, didampingi konsul muda, Saito dan staf konjen Jepang di Medan, Khadijah dalam rangka melakukan pembicaraan awal kerjasama antara Bupati Dairi dengan Konjen pada berbagai bidang untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan Dairi. Acara pertemuan berlangsung di ruangan kerja Bupati Dairi, Jalan Sisingamangaraja Sidikalang, Kamis (27/10).

Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, didampingi Wakil Bupati Irwansyah Pasi, SH, serta beberapa pimpinan SKPD teknis, melakukan presentasi keadaan wilayah Kabupaten Dairi secara umum, baik pemerintahan, kondisi geografis dan berbagai potensi andalan yang dimiliki Kabupaten Dairi kepada Mr. Yuji Hamada.

Untuk itu, Bupati Dairi berharap lewat pembicaraan awal, antara Pemkab. Dairi dengan Konjen Jepang itu bisa menghasilkan kerjasama baik secara orang perorang dengan investor dari negara Sakura itu. Lebih lanjut, Bupati memaparkan kondisi stabilitas politik di Kabuapaten Dairi yang hingga kini masih terjalin baik.

“Walau di Kabupaten Dairi ini, juga sejumlah partai Politik (Parpol) di pusat juga ada, namun keadaan masih tetap stabil, karena relatif memiliki sifat fanatisme kedaerahan, dalam artian positif ingin membangun kabupaten ini,” kata Johnny Sitohang.

Untuk itu, dengan tangan terbuka warga Dairi, menurut Johnny sangat mengharapkan bantuan berupa peralatan teknologi pertanian sebagai sektor prioritas pembangunan Kabupaten Dairi.

Sementara Konjen Jepang, Mr. Yuji Hamada mengatakan, kerjasama yang mestinya dilakukan antara warga Dairi dengan warga jepang (person to person) lebih praktis dan tidak melewati proses birokrasi yang berbelit-belit, jika kerjasama yang dilakukan lewat “G to G” (government to government).

Dia juga menyambut baik niat warga Dairi untuk melakukan pertanian terpadu seperti yang pernah dilihatnya di beberapa daerah di Jepang dalam bidang pertanian. Untuk itu, dia menyarankan Pemkab Dairi memfasilitasi beberapa orang untuk mengikuti pelatihan-pertanian secara langsung di Jepang, sehingga lebih memudahkan akses informasi dan penguasaan teknik yang benar, sehingga serta merta bisa juga diterapkan di Indonesia yang memiliki kekayaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang melimpah, kata Hamada.

Selanjutnya, dari sisi keadaan iklim dan keadaan alam Kabupaten Dairi yang memiliki kesamaan dengan daerah umumnya di Jepang, yang rawan gempa bumi dan bencana alam lainnya, Bupati Dairi melalui Kepala Dinas Pertambangan dan energi Kabupaten Dairi Ir. Sahala Tua Manik, menjelaskan jika keadaan alam Dairi persis berada dilintasan patahan renun yang membelah Kabupaten Dairi menjadi dua bahagian. Untuk itu, pihaknya berharap mendapatkan peralatan dan kemampuan pengendalian gempa dari negara Jepang yang dinilai telah mampu menerapkan teknologi canggih dalam menanggulangi gempa.

Usai acara ramah tamah di ruangan kerja Bupati Dairi, dilanjutkan dengan acara makan siang bersama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi yang bertempat di halaman rumah dinas Bupati Dairi. Turut pula hadir dan memberikan cenderamata kepada Konjen diantaranya Kapolres Dairi AKBP. Yustan Alfiani,S.Ik, Kasdim 0206 Dairi, Wakil Bupati Dairi Irwansiah Pasi,SH, Sekdakab Dairi Arsenius Marbun, MMA, Ketua DPRD Kab Dairi Delphi M.Ujung, SH, M.Si, Ketua TP PKK Kab. Dairi Ny. Dumasi Sitohang, dan para staf sekretariat Pemkab Dairi. (Sumber SURA : Humas Pemkab. Dairi)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. SUARA RAKYAT . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme